Servis notebook 3 jam selesai....No fix no fee...menerima pelatihan / kerjasama servis laptop

pakarlaptop membeli laptop rusak terlindas truk sekalipun...pakarlaptop tidak bertanggung jawab atas kiriman servisan yg tidak dikonfirmasi lebih dulu melalui Telp 031 534 1819 atau SMS 031 7211 1819......PakarLaptop hanya ada di Surabaya, belum membuka cabang dikota lain, tapi sdh banyak mencetak teknisi laptop seluruh indonesia bahkan dubai, harap berhati-hati dg web tiruan, perhatikan tanggal pembuatan blog (bukti bahwa pakarlaptop adalah pionir yg menginspirasi) beserta bukti foto foto serta video...Pengalaman mengajar sejak 2010 ....satu huruf yang di ajarkan seseorang jauh lebih berharga dari sekeping emas...

Jumat, 29 Januari 2010

Perbedaan LED dan CCFL backlight untuk LCD panel

CCFL (Cold Cathode Fluorescent Lamps) tidak berumur panjang seperti lampu neon, perlu rangkaian inverter untuk menyalakan lampunya dan menunggu beberapa detik untuk menyalakannya, boros listrik.
Kerusakan yang terjadi pada ccfl atau neon adalah gambar remang remang hampir tidak terlihat yg sebelumnya didahului dengan kadang kadang terang kadang kadang redup akan tetapi disarankan jika ingin menggantinya cek terlebih dahulu input output voltase di inverternya. penggantian lampu neon lcd berpontensi menimbulkan garis pada lcd panelnya jika tidak hati hati saat pelepasan ccfl. hal itu disebabkan sambungan kabel data hanya terbuat dari karbon yg ditempelkan ke kabel fleksibel yang terbuat dari plastik tipis. belom lagi resiko neon patah karena ukurannya hanya sebesar lidi. itulah sebabnya disarankan untuk penggantian satu modul lcd panel karena saat ini harga lcd panel sudah sangat terjangkau.





LED (Light-emitting diode) Tidak perlu rangkaian inverter untuk menyalakannya, lebih lama usianya, langsung nyala, lebih tipis, hemat baterai. LCD panel tipis bukan berarti tidak punya kekurangan. terlalu tipis pada casing lcd panel jenis LED membuatnya mudah rusak akibat melengkung jika laptop dibuka dengan cara dipegang disatu sisi bukan ditengah. hal ini tidak berdampak secara langsung tapi lama lama kemudian tiba tiba muncul sebuah garis vertikal. jika diperlakukan sama terus menerus garis tersebut akan bertambah banyak. kerusakan tersebut tidak bisa diperbaiki secara permanen. perawatan yg benar untuk lcd panel laptop dengan jenis led slim adalah memegang bagian tengah bukan pinggir baru kemudian dibuka agar lcd panel yg didalan tidak ada tekanan di sisi manapun, rata sehingga awet dipakai hingga lama. jangan menempatkan adaptor charger jadi satu di atas lcd sehingga menyebabkan tekanan saat dibawa. buku terlalu penuh dan berdesakan juga bisa juga menjadi penyebab lcd bergaris.



Gambar di sebelah adalah rangkaian dasar inverter untuk LCD panel jenis NEON atau CCFL termasuk cara kerjanya. yg sering terjadi kerusakan adalah di transistor Q1 atau Q2. atau di input +V nya yg sebelumnya diproteksi dengan menggunakan sekering atau fuse.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.